Camilla Aug 11, 2012 kosmetik ilegal 0 Comments Posted in: Berita Kosmetik

kosmetik ilegal 300x225 Kosmetik Ilegal dan Ciri cirinya

Foto by : lensaindonesia

Baru-baru ini di bulan Ramadhan masyarakat dikejutkan dengan penemuan kosmetik ilegal yang menyampai angka senilai 1 milyar.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 66.720 kemasan kosmetik ilegal dengan nilai lebih dari Rp1 miliar.

Kepala BPOM Lucky S Slamet seperti dilansir di situs Binsis Indonesia menuturkan pada jumpa pers hari Jumat (10/8/2012) bahwa mayoritas kosmetik ilegal itu ditemukan di Makassar dan Jakarta.

BPOM telah melakukan beberapa tindakan terhadap hasil temuan tersebut, antara lain pembinaan terhadap pemilik sarana serta penegakan hukum berupa pemberian sanksi administratif, yakni peringatan, perintah pengamanan di tempat, dan perintah pemusnahan.

Selain itu, BPOM telah melakukan pro-justitia (tindakan penyidikan) terhadap pelaku usaha yang mengedarkan produk pangan ilegal.

Selama tahun ini, BPOM telah menemukan 229 kasus pelanggaran tindak pidana di bidang obat dan makanan. Dari angka tersebut, setidaknya 48 kasus di antaranya telah memasuki tahap penyidikan.

Sebagai masyarakat khususnya perempuan harus mewaspadai maraknya penyebaran kosmetik ilegal yang mengandung bahan berbahaya ini, cara untuk mengetahui kosmetik illegal ini dengan melihat beberapa hal berikut ini :

- Tidak ada ijin dari Badan POM
– Harga produk yang sangat murah
– Menawarkan efek instan (Mengandung bahan berbahaya seperti merkuri)
– Lebih jauh lagi tidak memiliki sertifikasi halal dari MUI

 

www.camillacosmetic.com, Kosmetik Aman dan Halal berbahan Madu