Sebagai muslimah dalam berpenampilan cantik kita harus mewaspadai kemungkinan adanya bahan haram di kosmetik. Ada beberapa lemak yang digunakan dalam kosmetik berasal dari lemak hewan bahkan ada juga dari lemak manusia.

Cara Efektif Membersihkan makeup1 300x255 Berita : Bahan kosmetik dari Lemak Hewan

Kosmetik Aman

Dr Hj Anna P Roswiem, auditor dan staf ahli LPPOM MUI, menjelaskan beberapa bahan yang perlu diwaspadai di dalam kosmetik. Diantaranya lemak dan turunannya (Gliserin, GMS, Cetyl Alc, Stearic Acid, Stearyl Acid, Palmitate Acid, dll) yang banyak digunakan sebagai pembuatan lipstik, sabun, krim, dan lotion.

Lemak hewani paling banyak digunakan. Produk dari hewan, perlu dicermati. Bisa jadi hewan yang digunakan adalah hewan haram (babi), atau dari hewan halal namun prosesnya tidak halal. Kolagen dan elastin Kolagen dan elastin berguna untuk menjaga kelenturan kulit. Zat ini sering digunakan dalam produk pelembab.

Selain itu ada juga yang berasal dari hewan seperti ekstrak plasenta dan amnion (cairan ketuban). Keduanya dimanfaatkan untuk peremajaan kulit.

Ada juga Asam Alfa Hidroksi (AHA) yang salah satu senyawanya asam laktat, ternyata dalam pembuatannya menggunakan media dari hewan.

Selain itu, Hormon estrogen, ekstrak timus, dan melantonin adalah contoh hormon yang berasal dari hewan yang dapat digunakan dalam kosmetika.

Memang ada beberapa kosmetika yang haram atau najis. Sumbernya adalah lemak yang dipakai, gelatin, plasenta, kolagen, dan bahan-bahan dari hewan lainnya.

Oleh karena itu sebaiknya kita menghindari kosmetik yang meragukan yang bisa saja didalamnye terdapat kandungan seperti plasenta, kolagen, gelatin, chivet, dan lemak hewani. Bahkan ada diantaranya yang memiliki kandungan dari lemak manusia. Kita bisa mendapatkan informasi tersebut pada label kemasannya. Jika tidak ada keterangan ingredient yang dibutuhkan.

Agar terhindar dari masalah ini, sebaiknya pilih kosmetik yang sudah mendapat sertifikat halal. Produk-produk yang sudah mendapat sertifikat halal, sudah melalui periksaan yang ketat dari team audit LP-POM MUI.